Jumat, 18 November 2011

C++ Lanjutan 29

9.3 KONSTRUKTOR

      Konstruktor adalah fungsi anggota yang mempunyai nama yang sama dengan nama kelas. Kegunaannya :
  • Mengalokasikan ruang bagi sebuah objek
  • Memberikan nilai awal terhadap anggota data suatu objek
  • Membentuk tugas-tugas umum lainnya

Contoh :
#include <iostream.h>
class jumlah
{
   public:
    int jumlah1;
    int jumlah2;
    jumlah();
};

jumlah objek1,objek2;
void main()
{
   cout<<”Didalam main() \n”;
   cout<<”objek1.jumlah1 adalah “<<objek1.jumlah1<<endl;
   cout<<”objek1.jumlah2 adalah “<<objek1.jumlah2<<endl;
   cout<<”objek2.jumlah1 adalah “<<objek2.jumlah1<<endl;
   cout<<”objek2.jumlah2 adalah “<<objek2.jumlah2<<endl;
}

jumlah::jumlah()
{
   cout<<”Didalam jumlah() \n”;
}

Keluarannya :
Didalam jumlah()
Didalam jumlah()
Didalam main()
objek1.jumlah1 adalah 0
objek1.jumlah2 adalah 0
objek2.jumlah1 adalah 0
objek2.jumlah2 adalah 0

Kesimpulan :
·         Nama konstruktor sama dengan nama kelas
·         Konstruktor tidak mempunyai nilai balik
·         Konstruktor harus diletakkan di bagian public, coba saja anda meletakkan konstruktor dalam contoh diatas dibagian private.
·         Konstruktor dijalankan dengan sendirinya pada saat objek diciptakan ( dalam contoh diatas yaitu objek1 dan objek2). Bahkan konstruktor dijalankan sebelum fungsi main() dijalankan.


9.4 DESTRUKTOR

      Destruktor adalah fungsi anggota yang mempunyai nama yang sama dengan nama kelas ditambah symbol tilde ( ~ ) didepannya.


Contoh :
#include <iostream.h>
class jumlah
{
   public:
    int jumlah1;
    int jumlah2;
    ~jumlah();
};

jumlah objek1,objek2;
void main()
{
   cout<<”Didalam main() \n”;
   cout<<”objek1.jumlah1 adalah “<<objek1.jumlah1<<endl;
   cout<<”objek1.jumlah2 adalah “<<objek1.jumlah2<<endl;
   cout<<”objek2.jumlah1 adalah “<<objek2.jumlah1<<endl;
   cout<<”objek2.jumlah2 adalah “<<objek2.jumlah2<<endl;
}

jumlah::~jumlah()
{
   cout<<”Didalam jumlah() \n”;
}

Keluarannya :
Didalam main()
objek1.jumlah1 adalah 0
objek1.jumlah2 adalah 0
objek2.jumlah1 adalah 0
objek2.jumlah2 adalah 0
Didalam jumlah()
Didalam jumlah()

Kesimpulan :
·         Nama konstruktor sama dengan nama kelas ditambah tanda tilde ( ~ ) di depannya
·         Destruktor tidak mempunyai nilai balik
·         Destruktor harus diletakkan di bagian public, coba saja anda meletakkan destruktor dalam contoh diatas dibagian private.
·         Destruktor dijalankan dengan sendirinya pada saat objek akan sirna ( dalam contoh diatas yaitu objek1 dan objek2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar